jump to navigation

B12 February 1, 2006

Posted by rhamnosa in GIZI.
trackback

Sering kita jumpai produk-produk makanan dan minuman yang mengandung berbagai macam vitamin, salah satunya adalah vitamin B12. Sebenarnya apakah vitamin B12 itu? Mungkin hanya sedikit yang sudah mengetahui tentang vitamin B12 dan manfaatnya bagi tubuh. Padahal vitamin B12 juga memiliki peranan yang sangat penting bagi kesehatan kita. Berikut sedikit penjelasan mengenai vitamin B12.

Vitamin B12 adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air dan merupakan bagian dari vitamin B complex yang mengandung kobalt, sehingga disebut sebagai sianocobalamin.

Vitamin ini berperan penting dalam pembentukan sel darah merah, perbaikan sel dan jaringan yang rusak, sintesis DNA, pemeliharaan sistem syaraf, dan sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan pada anak-anak. 

 
Sumber Vitamin B12

Vitamin B12 hanya ditemukan dari makanan-makanan yang berasal dari hewan, antara lain daging, telur, ikan, dan unggas (ayam dan itik). Dalam jumlah kecil, vitamin B12 pun ditemukan dalam tempe,

 
Defisiensi Vitamin B12

Defisiensi vitamin B12 disebabkan karena ketidakmampuan usus halus untuk menyerap vitamin B12, juga karena kurangnya konsumsi makanan yang mengandung vitamin B12. Jika terjadi defisiensi atau kekurangan vitamin B12, maka dapat menyebabkan anemia, peradangan pada syaraf (neuritis), dan dementia ( kondisi mental yang memburuk).

Gejala-gejala yang akan timbul jika terjadi kekurangan vitamin B12 antara lain adalah :

  • Diare
  • Paranoid
  • Kehilangan nafsu makan
  • Mudah merasa lelah
  • Napas menjadi pendek-pendek
  • Detak jantung lebih cepat daripada biasanya
  • Pusing-pusing
  • Wajah pucat

 
Siapa saja yang rentan terhadap defisiensi vitamin B12? Umumnya yang rentan mengalami defisiensi vitamin ini adalah para vegetarian, karena vitamin B12 hanya ditemukan dari sumber-sumber yang berasal dari hewan saja. Kemudian mereka yang memiliki kondisi malabsorpsi (usus halus mengalami kesulitan untuk menyerap sari-sari makanan), penderita HIV, orang-orang yang mengalami depresi, wanita yang telah memasuki tahap menopause, dan pecandu alkohol.

Untuk menghindari kekurangan vitamin B12, sebaiknya kita sering mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12 (sebaiknya setiap hari), dan juga mengkonsumsi suplemen vitamin B12, terutama untuk para vegetarian dan para penderita malabsorpsi.

Sebaiknya, mulai dari sekarang kita rajin mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung vitamin B12. Mulai hari ini, untuk nanti! (mut)

Sumber:
http://molgen.biol.rug.nl

Comments»

No comments yet — be the first.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: