jump to navigation

Kenali Si Vitamin C ! February 1, 2006

Posted by rhamnosa in GIZI.
trackback

Setiap orang tentu tahu dengan vitamin C, bahkan kini banyak sekali suplemen-suplemen kesehatan yang mengandung vitamin C. Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa vitamin C berperan penting dalam menjaga kekebalan tubuh, dan juga sebagai anti oksidan, yang mencegah penuaan dini pada kulit. Namun, apakah hanya itu saja manfaat dari vitamin C? Dan apakah vitamin C terkandung pada jeruk, tomat, atau beberapa buah lainnya saja? Adakah efek samping dari konsumsi vitamin C yang berlebihan? Lebih lanjut akan diulas dalam artikel berikut ini.

Vitamin C adalah salah satu jenis vitamin yang larut dalam air. Vitamin ini memiliki nama lain yaitu asam askorbat. Manfaat dari vitamin C adalah sebagai salah satu faktor penunjang pertumbuhan dan perbaikan jaringan di seluruh tubuh, karena vitamin C membantu pembentukan kolagen, protein yang mempunyai peran penting dalam pembentukan kulit, jaringan yang pernah luka, tendon, ligamen, dan pembuluh darah. Vitamin C adalah faktor penting untuk penyembuhan luka, dan untuk penyembuhan serta perawatan kartilago, tulang, dan gigi.

Tubuh kita tidak dapat mensintesis sendiri vitamin C, oleh karena itu kita perlu asupan vitamin C dari makanan-makanan yang kita makan setiap hari, karena vitamin C tidak disimpan di dalam tubuh dalam waktu yang lama.

Ada beberapa kondisi kesehatan yang sangat membutuhkan asupan vitamin C, antara lain : jerawat, pecandu alkohol, Alzheimer, asma, autis, depresi, diabetes, iritasi usus halus, dan penyakit Parkinson. Penderita penyakit-penyakit ini harus sering mengkonsumsi sumber-sumber vitamin C atau suplemen yang mengandung vitamin C untuk menjaga kondisi kesehatan mereka dan mempercepat pemulihan penyakit-penyakit tersebut.

Lalu apa yang akan terjadi jika kita kekurangan vitamin C? Kurangnya asupan vitamin C dalam tubuh akan menyebabkan sariawan, influenza, kulit kering , kasar, dan pecah-pecah, rambut yang kering, gigi menjadi rapuh, penurunan kemampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan infeksi, anemia, penyakit kardiovaskular (seperti jantung dan pembuluh-pembuluh darah), dan bisa juga menyebabkan kenaikan berat badan.

Namun, jangan terlalu bersemangat juga mengkonsumsi vitamin C, terutama yang berbentuk suplemen, karena konsumsi berlebihan pun mengakibatkan adanya efek samping bagi tubuh. Konsumsi vitamin C di atas 2000 mg/hari dapat menyebabkan diare, dan sakit perut.

Sumber-sumber makanan yang mengandung vitamin C pun banyak. Salah satunya yang telah kita ketahui adalah jeruk dan tomat. Tapi, masih ada sumber yang lainnya seperti strawberry, brokoli, lobak hijau, kentang, semangka, pepaya, mangga, kembang kol, kubis, nanas, dan bluberri. Dari buah-buahan dan sayuran di atas, yang memiliki kandungan vitamin C paling banyak adalah jeruk, tomat, strawberri, dan brokoli. Sangat disarankan kita langsung mendapat asupan vitamin C dari konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin C dibandingkan dengan mengkonsumsi suplemen. Karena tentu saja, yang alami jauh lebih baik daripada yang disintesis, bukan?

Air, suhu, dan udara sangat berpengaruh pada vitamin C. 25 % dari vitamin C yang terkandung dalam buah-buahan atau sayuran akan hilang oleh proses pemanasan dalam waktu singkat, juga jika kita membekukannya. Bahkan jika kita memasak sumber-sumber vitamin C dalam jangka waktu yang lama, setengah dari vitamin C yang terkandung akan hilang. Begitupun jika kita memasukkan sumber makanan dalam kaleng, hanya satu pertiga bagian vitamin C yang akan tersisa.

Cara terbaik mengkonsumsi sumber-sumber vitamin C adalah dengan mengkonsumsi ketika mereka masih dalam keadaan segar, sehingga jumlah vitamin C yang dapat kita peroleh semaksimal mungkin.

Jadi, mulai sekarang rajin-rajinlah mengkonsumsi makanan yang menganding vitamin C, demi menjaga kondisi tubuh Anda sendiri, lho! Kalau tidak dimulai saat ini, kapan lagi??! (mut)

Rekomendasi Jumlah Asupan Vitamin C

 
Tingkatan Umur

Laki2 (mg/hari)

Perempuan (mg/hari)

Bayi 0-6 bulan

40 (AI)

40 (AI)

Bayi 7-12 bulan

50 (AI)

50 (AI)

Anak-anak 1-3 tahun

15

15

Anak-anak 4-8 tahun

25

25

Anak-anak 9-13 tahun

45

45

Adolescents 14-18 tahun

75

65

Dewasa 19 tahun atau lebih

90

75

Perokok 19 tahun atau lebih tua

125

110

Wanita Hamil 18 tahun atau lebih muda

80

Wanita Hamil 19 tahun atau lebih tua

85

Wanita Menyusui 18 tahun atau lebih muda

115

Wanita Menyusui 19 tahun atau lebih tua

120

Sumber:
www.nlm.nih.gov
http://lpi.oregonstate.edu

Comments»

1. KHALIFA BINAFSIKA - October 6, 2006

BAGUS!GOOD!PERTAHANKAN!CUMAN ADA KATA KATA ASING YANG KURANG DIMENGERTI!KENALIN NAMAKU KHALIFA!PENGEN JD TEMEN KAMU!KEBETULAN AQ LAGI BIKIN KARYA TULIS!ALHAMDULILLAH,INI NGEBANTU BGT!

2. khaulah - May 28, 2007

thank’s 4 this data, it’s nice data…

3. Ridwan Firdaus - June 2, 2007

Tips nya bagus banget, manfaat banget buat saya. tapi ada sedikit pertanyaan nih, kalau buat orang-orang yang aktivitasnya sangat berat seperti operator produksi. Itu bagusnya gimana yach apa harus sesuai dengan tabel yang ada. trim’s

4. adit - June 12, 2007

thnx buat info2nya!!!!
ohya,olahraga uku bel;adiri!!!ksi taw donk buah2an yg cocok aku konsumsi!!??

5. Anne - December 11, 2008

thx for the info… gw lagi bikin skripsi neh… tentang gizi uat anak2.. makasih yah.. artikelmu membantu saya🙂

Arigatou Gyozaimasu

err… Gozaimasu ^0^”

6. Emmy Mantik - January 22, 2009

Emang sich manfaat vit C sangat baik untuk kulit..apalagi bagi orang2 yang kerjanya lebih banyak diluar kantor alias lapangan..tq banget atas infonya

7. muhklis - March 3, 2009

MUHKLIS ….PONDOKTERONG@YAHOO.CO.ID
INI MENURUT PENGALAMAN SAYA BAGI KAMU2 YANG SUKA MASUK ANGIN, PERUT KEMBUNG ,,,COBA KAMU MINUM C 1000. VITAMIN C CAIR YANG BANYAK DIJUAL DIWARUNG2 ATAU VIT LAINNYA ….JANAGAN TAKUT KEMBUNGNYA KAMU ITU KARENA DIDING2 PERUT ANDA BANYAK PENYUMBATAN2 LEMAK YANG MENYEBABKAN OKSIGEN TER SUMBAT…COBA SARAN SAYA INI BENER BAGUS KO….

8. Dhanic Erma - June 9, 2009

thank 4 datax, ini ngebantu banget buat anak – anak / orang – orang dewasa dalam menambah ilmu mereka, Cayo!!

9. Etika - July 9, 2009

Tks y. Cz ne dpt tgs dr dosen. Mksh tlh m’bnt y!

10. zayn - September 9, 2009

thax infonya,btw aq msh ad problem,tumitq sring pcah2 N klo ps pch pek kluar drah ny.ap ne tmsuk krng VIT C?

11. ESTEE - July 22, 2010

Sekarang udah ada generasi terbaru vit C yg bersifat asam lagi ,tapi sekarang sudah bersifat BASA, jadi sangat aman di konsumsi oleh penderita Maag. Aman buat Lambung.Disini; http://www.crestsuccess.com/?id=Bestmlm
Harga sangat relatif Murah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: