jump to navigation

Susu..oh..Susu.. February 1, 2006

Posted by rhamnosa in GIZI.
trackback

Susu..Susu… dimana-mana kita bisa mendapatkan produk yang bernama susu ini, rasanya pun bermacam-macam, mulai dari cokelat bahkan sampai melon. Benarkah ia memiliki khasiat tinggi bagi tubuh?

Seperti yang telah kita ketahui bahwa susu adalah produk berupa cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu pada mamalia betina. Susu yang biasa kita konsumsi sehari-hari mengandung vitamin D, kalsium, Vitamin A dan B12, lemak, serta beberapa jenis protein yang penting bagi tubuh.

Selain merupakan bagian dari makanan 4 sehat 5 sempurna, ternyata susu juga memiliki cukup banyak manfaat bagi kita. Dengan mengkonsumsi susu, tulang kita dapat terlindungi dari pengeroposan tulang atau lebih dikenal dengan osteoporosis, juga membantu pembentukan otot. Ternyata, bukan hanya untuk membantu pembentukan otot saja, namun juga menjaga otot tersebut terkena cedera, oleh karena itu para atlet biasanya meminum susu, yang salah satunya adalah untuk menghindari kerentanan cedera otot itu sendiri.

Susu juga bermanfaat untuk mencegah insomnia dan meningkatkan kualitas tidur, serta meningkatkan kewaspadaan di kemudian hari, hal ini didasarkan atas sebuah studi yang baru-baru ini dipublikasikan di American Journal of Clinical Nutrition. Dikatakan juga, dengan mengkonsumsi susu sebelum tidur, bukan hanya kualita tidur kita yang baik, namun juga ketika bangun kita tidak akan merasa lelah, dan tidak ada efek sampingnya, tidak seperti jika kita mengkonsumsi obat tidur.

Berkaitan dengan kandungan vitamin D yang terkandung dalam susu, bukan hanya tulang yang dilindungi dari pengeroposan, namun juga gigi kita. Dengan rajinnya kita mengkonsumsi susu, gigi kita akan terlindungi dari kerusakan atau kebusukan gigi, dan juga menjadi lebih kuat. Tentu saja, hal ini juga harus diiringi dengan rajinnya kita menggosok gigi secara teratur, agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Ternyata, susu juga membantu kita mengurangi resiko terkena kanker usus. Kanker usus adalah penyakit ketiga yang menjadi penyebab kematian di seluruh dunia, dan berdasarkan sebuah penelitian, mengkonsumsi 16 ons susu sehari dapat mengurangi resiko terkena kanker usus sebesar 12 %.

Terlepas dari kontroversi bahwa susu sapi mengandung jumlah kalsium dibandingkan susu yang berasal dari mamalia lainnya, minum susu tampaknya sudah merupakan kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi oleh kita. Minum susu yukk… (mut)

Sumber:

www.gotmilk.com
www.wikipedia.en.org
www.rri-online.com
www.tabloidnova.com

Comments»

1. ENDRY PANGGIH - December 4, 2006

bagaimana caranya agar kita ketika minum susu mendapatkan manfaat yang optimal


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: