jump to navigation

Tips: Gizi dan Pola Hidup February 1, 2006

Posted by rhamnosa in GIZI.
trackback

Pada suatu pagi, bapak menyuruh ibu untuk membuat kopi ”Bu tolong buatin kopi”, kemudian ibu membalas ”Ah bapa pagi-pagi malah minum kopi dan merokok bukannya sarapan dulu”. Bapak ”ya abis gimana dong bu, rasanya badan ini terasa gak enak kalo gak minum kopi dan merokok”. Cuplikan dialog antara bapak dan ibu tersebut dapat menggambarkan kepada kita tentang buruknya pola hidup masyarakat Indonesia khususnya masyarakat pedesaan yang kurang mendapatkan akses tentang kesehatan dan juga akibatrendahnya tingkat pendidikan mereka. 

Pola hidup demikian rentan sekali terserang penyakit khususnya orang dengan darah tinggi dan kegemukan dapatmeningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Selain itu bagi usia di atas 35 tahun ke atas dapat meningkatkan resiko terserang penyakit degeneratif(keturunan) seperti diabetes, darah tinggi, dll.

Cuplikan dialog di atas sang ibu menyarankan bapak untuk sarapan terlebih dahulu tapi sang bapak menolak saran sang ibu untuk sarapan karena sang bapak merasa kopi dan rokok sudah cukup sebagai pengganti sarapan. Sebenarnya saran sang ibu sangat tepat sekali, bahwa kita harus membiasakan untuk selalu makan pagi (sarapan). Makan pagi sangat dianjurkan dalam kadarzi karena makan pagi sangat bermanfaat bagi tubuh kita terutama bagi pekerja berat. Manfaat yang dapat diambil dari makan pagi diantaranya adalah  untuk memelihara ketahanan tubuh, agar dapat bekerja atau belajar dengan baik, membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran, dan membantu mencukupi zat gizi.

Dalam buku pintar konseling keluarga mandiri sadar gizi (kadarzi) disebutkan, bahwa makan pagi adalah makanan yang dimakan pada pagi hari sebelum beraktifitas, yang terdiri dari makanan pokok dan lauk pauk atau makanan kudapan dengan Jumlah yang dimakan kurang lebih 1/3 dari makanan sehari. Jadi jangan berlebihan dalam makan pagi karena bukannya membantu aktifitas kita malah menjadi mengganggu aktifitas seperti mengantuk atau malah jadi lemes.

Lalu apakah makan pagi saja sudah cukup, tentu saja tidak gizi yang seimbang dan bahan makanan yang terbebas dari kontaminan menjadi sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Kontaminan dapat meliputi zat tambahan seperti zat pewarna yang melebihi ambang batas yang diijinkan, zat yang tidak boleh digunakan dalam makanan seperti formalin, rhodamin B, bhoraks, pemutih, dll. Akhir-akhir ini kita sering mendengar zat-zat tersebut banyak digunakan dalam makanan kita saran saya sebaiknya anda jangan banyak makan di luar, dan kalau mampu sebaiknya konsumsi makanan organik, yang terbebas zat kimia. (Her)

 

Sumber:
BUKU PINTAR KONSELING KELUARGA MANDIRI SADAR GIZI (KADARZI)
NSW Multicultural Communication – http://mhcs.health.nsw.gov.au

 

Comments»

1. Kodrat kurniawan - January 6, 2007

Selagi masih muda kita harus dapat menjaga kesehatan.Karena Kesehatan sangat berharga dalam kehidupan sehari-hari.Bila memandang sesuatu hendaknya yang bersifat lembut seperti yang dilihat tanaman padi yang baru tumbuh berwarna hijau.Dan jangan sekali-kali melihat tontonan yang berbau sadis atau porno.Lebih agar dapat tenteram mendengarkan kicauan burung yang merdu.

2. Kodrat kurniawan - January 6, 2007

Untuk menghindari pikiran yang berat-berat sebaiknya kita sering membaca do’a dan zikir.Dengan amalan itu niscaya jiwa dan hati kita jadi tenang dan disitu ada kedamaian abadi.Janganlah pikiran itu sampai membuat kita jadi budaknya.Yakinlah segala sesuatu didunia ini dapat diatasi dan dikelola oleh hati yang cinta damai tanpa permusuhan.Carilah atau buatlah hidup ini terasa indah.

3. kodrat kurniawan - October 25, 2007

tingkatkan ibadah yang lain tiaphari tanpa ada bosan sedikitpun niscaya pahalnya pasti berlipat ganda asal dikerjakan dengan hati yang tulus dan ikhlas.

4. Emmy Mantik - January 22, 2009

menurut saya kalau pagi2 itu sebaiknya minum air putih dan banyak makan buah .. insyaallah kulit akan lebih mulus dan badan jadi sehat..serta jangan lupa yang lima waktu (bagi yang muslim) supaya mukanya lebih bersih lagi..

5. Kesehatan Masyarakat - January 21, 2010

Segala macam tips dan nasehat gizi, yang penting dan butuh konsistensi adalah: mengamalkannya setiap hari hingga jadi bagian dari hidup kita. Ayo jadi keluarga sadar gizi…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: