jump to navigation

Asma March 11, 2006

Posted by rhamnosa in First Aid.
trackback

Asma adalah penyempitan jalur pernafasan yang menyebabkan penderita sulit bernafas. Penderita asma umumnya memiliki jalur pernafasan yang sensitif sehingga hal-hal seperti debu, serbuk sari tumbuhan, bulu hewan, asap rokok, dan suhu dingin dapat menjadi pemicu terjadinya serangan asma.

Ciri-ciri :
• Penderita mengalami kesulitan bernafas dan biasanya mengeluarkan unyi ngik..ngik..
• Penderita tampak gugup atau tertekan (stress)
• Pada kasus yang parah, akan tampak kebiruan pada bibir, tangan, dan kaki; terkadang disertai kesulitan untuk berbicara.

Pertolongan Pertama
1. Tenangkan penderita
2. Bantu penderita untuk duduk secara perlahan dengan posisi badan sedikit condong ke depan.
3. Bantu penderita menggunakan obatnya. Biasanya dalam bentuk spray aerosol. Penderita asma umumnya sudah mengetahui cara penggunaan dan dosis dari obatnya.
4. Cek denyut nadi dan pernafasan penderita setiap 10 menit.
5. Apabila serangan asma terus berlanjut dan tidak tersedia obat-obatan, segera panggil ambulans dari rumah sakit terdekat dari tempat tinggal Anda.

Comments»

1. rayzaldy - September 4, 2006

saya penderita asma yg mau saya tanyakan apa benar dalam daging kelinci ,kelelawar,kuda ada zat yg bisa untuk imun asma

2. nata - January 4, 2007

gimana sih cara nyembuhin asma secara permanen? biar ga dateng-dateng lagi.

3. juliana - March 20, 2007

kalo pada malam hari tiba2 bangun sesak napas. . dan sulit untuk tidur lagi. apakah saya kena asma yach??? dan biasa seperti itu harus gimana mengatasinya

4. ryan - August 27, 2007

kalo ada obatnya sebenarnya gk masalah! gk perlu pertolongan pertama. maksud pertolongan pertama sebenarnya kan kalo ada (penderita asma) yang mendadak sesak napas (asma) apa sebenarnya yang bisa kita lakukan untuk pertolongan pertamanya. (sebelum di bawa ke rumah sakit/puskesmas/dokter)

5. Earthling - August 12, 2008

tanya, ngecek nadi setiap 10 menit itu untuk apa? … lagipula cara pengananan terbaik ‘kan memanggil ambulans dan rumah sakit terdekat … ^_^

6. nydha - November 2, 2008

saya asma tp saya tdk mengkonsumsi obt2an,apa ada jln lain selain konsumsi obt2an?…

7. randu - January 18, 2009

davi, k2k saya aktif bgt dkmpusnya ikt bem,tim utama basket, band, dan penyiar juga. karna kecapean asmanya sering kumat. dan kalo udah gt siaran di radio jd g fokus. pulang2 tinggal qt yg repot liat dy sesek nafas. gmana biar k2 tetep bs aktif biarpun punya asma?

8. yanti - February 21, 2009

kalo temenku kok malah badanya d condongin k depan ya??yg bener yg gmana sih??

9. dir - November 28, 2009

ada gak obat asma biar ga kambuh lagi ya..?

10. Bagus - January 28, 2010

Lebih bai mencegah dari pada menyesal

11. sasongko - May 20, 2010

apakah asma dapat disembuhkan secara total gimana ya caranya dan harus konsul kemana…?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: