jump to navigation

Manfaat Virgin Coconut Oil Pada Manusia March 11, 2006

Posted by rhamnosa in GIZI.
trackback

Minyak kelapa virgin memang dikenal sebagai minyak yang mampu melangsingkan tubuh sehingga bukan hal yang aneh lagi bila minyak kelapa ini digemari oleh para perempuan yang memahami akan manfaatnya. Setelah dilakukan beberapa penelitian oleh para ahli ternyata minyak kelapa virgin ini memiliki khasiat yang luas selain sebagai pelangsing tubuh, minyak kelapa virgin juga bermanfaat sebagai obat untuk berbagai penyakit.
Minyak kelapa virgin berasal dari daging buah kelapa yang telah diproses melalui beberapa tahapan diantaranya ekstraksi, filtrasi, purifikasi dan deodorasi. Minyak virgin yang didapat, mengandung suatu asam lemak jenuh yaitu lauric acid. Lauric acid “asam laurik” ini merupakan suatu asam lemak jenuh dengan rantai karbon sedang (memiliki 12 atom karbon) yang disebut Medium Chain Fatty Acid atau MCFA.
Masyarakat pada umumnya takut terhadap MCFA disebabkan oleh mitos-mitos serta isu-isu akan bahaya MCFA. Padahal MFCA ini, telah diujikan oleh beberapa ahli dan ternyata MCFA berkhasiat untuk mempertahankan kesehatan tubuh.
Di dalam tubuh MCFA mempunyai sifat unik, yaitu tidak membutuhkan enzim untuk menembus dinding mitokondria sehingga proses metabolisme tubuh akan meningkat dan energi dihasilkan dengan cepat dan efisien. Penambahan energi yang dihasilkan oleh metabolisme itu menghasilkan efek stimulasi dalam seluruh tubuh. Itulah sebabnya ada orang mengatakan, mengonsumsi MCFA mirip dengan mengisi kendaraan dengan menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan tinggi.
Di samping meningkatkan level energi kita, ada manfaat lain seiring dengan peningkatan metabolisme itu misalnya, peningkatan daya tahan terhadap penyakit dan percepatan penyembuhan dari sakit. Dengan peningkatan metabolisme, sel-sel kita bekerja lebih efisien. Mereka membentuk sel-sel baru serta mengganti sel-sel yang rusak dengan lebih cepat.
Uji akan khasiat MCFA ini telah dilakukan salah satunya dengan penggunaan minyak kelapa virgin sebagai minyak goreng. Dari uji tersebut didapat hasil bahwa minyak kelapa virgin berkhasiat untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap beberapa penyakit diantaranya virus-virus seperti HIV, Herpes simplex virus-1 (HSV-1), Vesicular stomatitis virus (VSV), Visna virus, cytomegalovirus (CMV), influenza, dan berbagai bakteri patogen termasuk Listeria monocytogenes dan Helicobacter pyloryd, serta protozoa seperti Giadia lamblia.
Dalam pemanfaatannya, minyak kelapa Virgin dapat dikonsumsi secara langsung, atau dipakai untuk memasak. Dengan struktur kimia yang terdiri dari single bond “ikatan tunggal”, minyak ini bersifat tahan terhadap panas, cahaya, oksigen, dan tahan terhadap proses degradasi. Dengan sifat itu, minyak kelapa virgin dapat disimpan dengan mudah pada suhu kamar selama bertahun-tahun. (fik)

Sumber : http://www.gizi.net

Comments»

1. fit - July 15, 2006

aduh…. makasih dech infonya…
berguna bwt AqU yang sedang……..
Heeeee!
Thank’s aza pokonya mah nya…..

2. eva - August 1, 2006

Haloo…
Saya punya masalah dengan rambut saya,rambut saya rontok dan rambut saya lurus ion dan disini tidak ada salon untuk kerimbat dan cuaca disini dingin..yang saya mau tanyakan:
1.Buah-buahan apa saya yang bisa dipakai untuk creambat dan bagai mana cara pamakaiannya.
2.apa karena cuaca dini terlalu dingin bisa membuat rabut rontok?
saya tunggu informasinya,sebelumnya terima kasih.

3. hana - September 4, 2006

saya terganggu dengan ambeyen saya apa bisa di sembuhkan….tolong dinformasikan saya tunggu

4. Doti - September 12, 2006

mbak fit, sama-sama.

mbak eva, sepertinya sediaan di pasaran cukup banyak yg mengandung buah-buahan. untuk info2 homemade creambath atau sejenisnya, bisa mengunjungi care2.com..

mbak hana,
konsultasi dengan dokter yang lebih ahli tentu akan lebih baik untuk pengobatannya..

5. BD - September 28, 2006

Ada gak manfaat virgin coconut oil bwat lelaki?
Misal, buat menambah kejantanan atau buat menambah daya tahan di “ranjang”?

6. nicku - September 29, 2006

ad kali…
buat lelaki dah tersedia virgin coconut nya diolesin aja sama adikmu,dijamin turun langsung.

7. Adri - December 26, 2006

Adakah bukti otentik yg menyatakan bahwa virgin coconut oil dapat menyembuhkan hiv secara total? Berapa lama prosesnya?

8. juni - September 3, 2007

informasinya sangat bagus sekali.
namun ada beberapa hal yang saya ingin ketahui. bagaimana dengan sakit batuk dan pilek terhadap anak balita, apakah bisa dikosumsi atau membantu menyembuhkan penyakit tersebut……..?

9. bee - September 15, 2007

apa bisa bt nyembuhin jerawat

10. ady - May 30, 2009

Untuk pyakit jantung kira2 bisa ga ya?

11. hendra - May 24, 2010

Hallo nama saya hendra umur 25 tahun…
saya punya 2 masalah ne :
1. rambut saya rontok luar biasa, rambut saya rontok ini mulai tahun 2006, saya coba tonic merek apapun tidak ada hasilnya malah rambut saya tambah rontok. kondisi rambut saya sekarang ini menipis hampir botak. apakah virgin coconut oil dapat mengatasi masalah rambut saya?
2. saya juga punya penyakit ambeyen sejak kecil ( tahun 1998). apakah virgin coconut oil jga bisa menyembuhkan ambeyen saya…???
kami tunggu jawabannya di email saya….
trims…..

12. goon - March 5, 2011

kalo saya boleh berkomentar,semua penyakit pasti ada obatnya asal kita dekat dengan tuhan dan benar2 mau bertaubat,dan jangan mengulangi prilaku sex yang menyimpang serta mempunyai fisikologis yang baik(berfikir positip).tidak ada yang mustahil bagi allah dan kita hanya berusaha mencari obat yang terbaik,namun permasalahan tetap ada pada kehendak tuhan yang maha esa.percayalah bahwa allah adalah sebaik-baik pelindung dan tabib bagi kita manusia.

13. goon - March 5, 2011

setiap teman atau orang yang sakit maka harus kita beri suport yang positip agar tidak memperkeruh pikiran teman kita yang sakit,tanggapi dengan tenang,satu lagi yang saya tekankan dan insya allah akan membuat penderita dengan sakit apapun menjadi sembuh,taubat dan lebih dekatlah dengan allah.karena sebaik2 obat tanpa ridha allah akan terputus khasiatnya.


Leave a Reply

