jump to navigation

kontributor

Si Ajaib Pegagan

Di dalam pemberitaan mengenai perawatan bekas luka sayat, atau yang sering disebut keloid, sering kali disebut nama zat madecasoide. Zat ini dianggap dapat menghilangkan keloid. Zat ini berasal dari tumbuhan yang bernama latin Centella asiatica.
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan asli Indonesia yang tersebar di wilayah Asia Tenggara dan kepulauan sepanjang Samudra Indonesia. Tanaman ini dikenal dengan nama pegagan. Selain pegagan tumbuhan ini memiliki nama berdasar penyebutan di daerah masing-masing seperti antanan, panegowang, rendeng, caling rambut, antenan gede, kos tekosan, pegaga, kori-kori.
Pegagan termasuk tanaman tahunan daerah tropis yang berbunga sepanjang tahun. Bentuk daunnya bulat, batangnya lunak dan beruas, serta menjalar hingga bisa mencapai semeter tingginya. Pada tiap ruas akan tumbuh akar dan daun dengan tangkai daun panjang dan akar berwarna putih. Dengan berkembang biak secara vegetatif seperti itu, ia cepat beranak-pinak. Jika keadaan tanahnya bagus, tiap ruas yang menyentuh tanah akan tumbuh menjadi tanaman baru.
Pegagan bisa tumbuh hingga ketinggian 2.500 m diatas permukaan laut. Jenisnya tumbuhan tanpa batang, dengan rimpang pendek dan stolon-stolon yang merayap dengan panjang 10-80 cm. Akarnya keluar dari setiap bonggol,dengan cabang yang akan membentuk tumbuhan baru. Helai daun bersifat tunggal (satu), panjang tangkai sekitar 5-15 cm dengan bentuk ginjal manusia.
Tepi daun agak bergerigi dengan penampang 1-7 cm tersusun dalam roset yang terdiri dari 2-10 helai daun.
Jikalau berbunga, warnya putih atau merah muda, bersusun seperti sebuah karangan bunga berbentuk payung yang tunggal atau 3-5 kuntum keluar dari ketiak daun pegagan. Juga berbuah yang bentuknya lonjong atau pipih yang panjangnya 2-2,5 mm. Baunya wangi dan rasanya pahit.
Bagian yang dimanfaatkan sebagai obat adalah daun dan bagian yang berada di atas permukaan tanah. Sebagai tanaman berkhasiat obat, pegagan telah dimanfaatkan terutama oleh masyarakat India, Pakistan, Malaysia, dan Indonesia. Ia dipercaya bisa meningkatkan ketahanan tubuh (panjang umur),membersihkan darah, dan memperlancar air seni. Pegagan bahkan digunakan untuk menyembuhkan lepra (penyakit menular kronik yang disebabkan oleh Mycobacterium leprae) dan tuberkulosis (TBC).
Manfaat penting lainnya, memberi efek positif terhadap daya rangsang saraf otak,dan memperlancar transportasi darah pada pembuluh-pembuluh otak. Bahkan saat ini sudah dimanfaatkan sebagai tonik untuk memperkuat dan meningkatkan daya tahan otak dan saraf. Tanaman ini juga digunakan secara oral maupun topikal untuk meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki, mencegah varises, dan salah urat.
Selain dapat membantu meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh, pegagan juga dapat membantu menyeimbangkan energy level serta menurunkan gejala stres dan depresi.
Berbagai penelitian mengenai khasiat pegagan telah banyak dilakukan. Manfaat yang berhubungan dengan fungsi saraf dan otak telah dibuktikan lewat berbagai penelitian. Sebanyak 30 orang pasien anak-anak yang menderita lemah mental menunjukkan kemajuan yang cukup berarti setelah diberi perlakuan dengan ramuan pegagan selama 12 minggu. Pada orang dewasa dan tua penggunaan Centella sangat baik untuk membantu memperkuat daya kerja otak, meningkatkan memori, dan menanggulangi kelelahan.
Centella juga bermanfaat bagi anak-anak penderita Attention Deficit Disorder(ADD). Hal ini karena adanya efek stimulasi pada bagian otak sehingga meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih konsentrasi dan fokus. Disamping itu juga mempunyai efek relaksasi pada sistem saraf yang overaktif.
Penelitian lain menunjukkan, berbagai penyakit seperti skleroderma, gangguan pembuluh vena, maupun gangguan pencernaan rata-rata dapat disembuhkan dengan ramuan itu hingga 80% setelah 2 – 18 bulan.
Menurut buku: Tanaman berkhasiat obat di Indonesia Jilid I (Prof. H. M. Hembing Wijaya, 1992), sifat kimiawi pegagan rasa manis dan sejuk dan efek farmakologis anti infeksi, antitoxic, penurun panas dan peluruh air seni.Kandungan secara kimiawi: asiaticoside, isonthankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, madasiatic acid, meso-inositol, centellose,carotenoids, garam-garam mineral (kalium, natrium, magnesium, kalsium,besi,vellarine, zat samak). Senyawa glikosida triterpenoida (asiaticoside) mempunyai khasiat anti lepra (Morbus Hansen).
Dengan kandungan yang sedemikian rupa, pegagan bisa menyembuhkan infectious hepatitis, campak (measles), demam, radang amandel (tonsillitis) sakit tenggorokan, bronchitis, infeksi dan batu sistem saluran kencing; muntah darah, batuk darah, mimisan; mata merah; wasir; sakit perut, cacingan,menambah nafsu makan; hingga penyakit berbahaya seperti lepra.
Berdasar uraian di atas, pegagan merupakan tanaman yang memiliki banyak khasiat dan mudah tumbuh. Pegagan layak kita sebut sebagai tanaman liar yang memiliki khasiat ajaib.

(dari berbagai sumber)

Kontributor: Kang Hidayat FA ITB '93

Comments»

1. Ritzy - March 18, 2006

Saya tertarik sekali dengan tulisan ini, kebetulan saya sedang mendapat tugas mengenai pegagan, yang ingin saya tanyakan sumber informasi dari manakah bahwa : “Centella bermanfaat bagi anak-anak penderita Attention Deficit Disorder(ADD)”. Sebelumnya saya juga pernah membaca tulisan ini, disana disebutkan sumbernya intisari edisi Mei 2001, tapi saya blm mendapatkan jawaban dari intisari (saya tanya melalui email kpd redaksi intisari). Bisakah saya tahu kira-kira senyawa apa yang terkandung dlm pegagan, yang dpt bermanfaat utk ADD.

Terima kasih,

2. dini julia - September 15, 2006

saya tertarik penelitian pegagan . saya menginginkan analisa proksimat dari pegagan dan dimana didapatkan dalam jumla yang banyak. dari dini 08126061967

3. Doti - September 16, 2006

mbak dini,

mungkin mbak dini bisa datang ke perpustakaan farmasi ITB u/ info lebih lanjut mengingat pegagan cukup banyak menjadi interest penelitian di SF ITB.

4. denny rinto - October 13, 2006

saya sangat tertarik dengan pegagan. Itu menjadi penelitian saya untuk skripsi dan PKM-P 06. kl ada yang tertarik saya ingin berbagi bahan. thx.. 085228029836 or drg_denny@yahoo.com

5. Uthe - October 19, 2006

sy mahasiswi ITI sdg penelitian pegagan, apkh anda tahu komposisi kadar asiatikosida pd pegagan or kandungan lainnya tlg hub sy di 081383580979 or telp rmh 021-5381539 sy tg kt bs tkr informasi ttg tnmn ini.thx

6. nissa - January 26, 2007

aku sedang cari referensi semua tentang pegagan, bisa artikel, jurnal, ato apa aja deh. Cuz aku lagi penelitian tentang pengaruh pegagan pada ginjal.Tengkyu….

7. ida neira - February 22, 2007

Saya tertarik dengan artikel ini…seperti yang bnyk diketahui kaum awam, pegagan hanya mrpk tumbuhan liar yang kurang bermanfaat tetapi disini banyak dicantumkan berbagai manfaatnya. saya ingin tahu lebih lanjut tentang kandungan karotenoid pd pegagan tsb terlebih cara pengisolasian dan pengujiannya, tolong y ????

terima kasih

8. TRI SUPRIYATI - March 21, 2007

ASSL
SAYA PINGIN CARI JURNAL PENELITIAN TENTANG PEGAGAN BUAT BAHAN PENELITIAN SAYA, APAKAH SAUDARA DAPAT MEMBANTU SAYA
TERIMAKASIH
WASSL

9. TRI SUPRIYATI - March 21, 2007

SAYA PINGIN INFORMASI TENTANG SIFAT ANTI BAKTERI HERBA PEGAGAN

10. novita - March 23, 2007

saya ingin mengetahui senyawa apa yang dikandung oleh centella asiatica sehingga dapat digunakan mengatasi tbc serta mekanisme kerja dari senyawa tersebut. terimakasih sebelumnya…

11. Widya Kurniati - April 17, 2007

Hi..,.

saya tertarik dengan penyembuhan melalui Pegagan ini, kebetulan saya sedang mencari obat untuk keloid pada betis kaki saya, awalnya sih bekas kena knalpot, lalu lama2 menjadi Keloid gitu. saya ingin sekali menghilangkan keloid itu. karena malu banget, besar keloid nya dan saya wanita.
Bagaimana cara mendapatkan obat pegagan yang ampuh untuk keloid saya? apakah bisa dipesan? saya ingin sekali. Mohon bantuannya dan terima kasih
Widya-Tangerang

12. titi - June 7, 2007

ass.. Bisakah saya mendapatkan penelitian tentang pegagan untuk fungsi memperlancar pembuluh darah? kan fungsi pegagan salah satunya adalah meningkatkan daya ingat, bisa minta info tentang mekanismenya? terima kasih.wass..

13. rofporce - June 24, 2007
14. rofporce - June 24, 2007
15. MbaF - June 28, 2007

Ass. Saya mhsw Biologi UI angk ’03. Salam kenal \(^ _^)/
Kbetulan buka website ini. Sy juga sedang mlakukan skripsi ttg pegagan bersama 2 tmn saya. Kami memiliki bbrp bahan tentang pegagan. Jika butuh kami bersedia membantu ataupun bertukar informasi dengan kalian. Ditunggu di alamat email ini ya…. skomala_bioui03@yahoo.com

16. anugrah - July 6, 2007

Ass.hay yg lg online.Sy bth bgt nie judul skripsi apa aj.Kr2 cpt n mudah.mslh biaya no 2.help.ok.trsrh.bidang biologi apa aj.

17. mhsw uii - September 4, 2007

Ass.saya mhsw UII jur Fa ang 06 minta tolong iformasi (jurnal) tentang pegagan dong.karena sy mo penelitian utk PKMP thn ini.krm aja ke nugroho_ardy@yahoo.com.sblmnya trims

18. dick - September 25, 2007

hi,… salam kenal !!!
saya mahasiswa FKH UA ’05.
nie saya pengen tau lebih dalam lagi tentang kandungan yang ada dalam pegagan, so bisa digunakan untuk stimulan otak, meningkatkan syaraf memori (daya ingat >>), menurunkan stress dan gejala depresi gitu…?????
Mohon informasi (jurnal) mengenai hal2 yang berkaitan tersebut tadi yah…
eemm… klo bisa secepatnya ya….
help me… ^_^. OK..
kirim aja ke: the.last_king@yahoo.co.id
trim’s

19. meri diniarti - December 5, 2007

saya tertarik dengan tulisan ini…
tapi saya ingin tahu sebagai anti bakteri, berapa byk kadar pegagn yang diperlukan?
dan kalo bisa saya mau liat jurnal hasil penelitian tentang pegagan?
ada data hasil dari penelitian skripsi UGM thn 1987 a/n endang andriyati dgn judul “Uji khasiat sediaan daun pegagan terhadap Stphylococcus aureus dan Candida albicans” ga?

20. wahyu - December 7, 2007

say tertarik mengenai pagagan sebagai anti stress mekanisme kerjanya seperti apa kebetulan hal tersebut berkaitan dengan peneleitian saya

21. wahyu - December 7, 2007

help me
kalo ada yang athu tolong kirim ke email ku di
wahyu_inter@yahoo.co.id

22. tita - December 17, 2007

saya mahasiswa farmasi tingkat akhir. mendapat tgs TA tentang pegagan.ingin tau ekstraksi paling baik untuk pegagan apa?Thks

23. enje - December 19, 2007

saya tertarik dengan penyembuhan melalui Pegagan ini, kebetulan saya sedang mencari obat untuk keloid pada betis kaki saya, awalnya sih bekas kena knalpot, lalu lama2 menjadi Keloid gitu. saya ingin sekali menghilangkan keloid itu. karena malu banget, besar keloid nya dan saya wanita.
Bagaimana cara mendapatkan obat pegagan yang ampuh untuk keloid saya? apakah bisa dipesan? saya ingin sekali. Mohon bantuannya dan terima kasih

24. syarif - December 21, 2007

kk tolg kasih materi oedema y plizzz… TQ

25. atik - December 30, 2007

saya ingin mengetahui varietas pegagan yang seperti apa yang paling banyak mengandung zat untuk menambah daya ingat? tolongin ya, soalnya mau buat penelitian. terimakasih

26. evy - February 27, 2008

saya ingin mengetahui cara isolasi metabolit sekunder dari daun pegagan. trim’s

27. nida - March 25, 2008

ass mbak tlong bantu saya,saya mahasiswa IAIN saya mu buat penelitian tentang pegagan,kira-kira masalah pa yang cocok saya angkt,saya jurusan pendidikan biologi.mksh sblm nya mbak ya…

28. NADYA - April 15, 2008

ass. tlg donk refrensi ttg pegagan smuanya yang berhubungan ma SGOT SGPT

29. Indra - May 24, 2008

Sy ingin tahu bagaimana mekanisme kerja pegagan sebagai herba yang dapat meningkatkan daya ingat seseorang?

30. iamrika - June 13, 2008

Saya pgn bgt ngilangin luka bekas kena knalpot. Baru kena 3 minggu lalu. bekasnya sih seperti kripik bentol dan berwarna pink. besarnya +- 7 cm dan lingkaran nya berwarna coklat. Tolong donk infonya? Thks

31. deni hendra pemana - July 14, 2008

saya deni kebetulan saya kuliah di farmasi UNIGA dan mengambil tugas akhir tentang pembuatan tablet pegagan.yang ingin saya tanyakan bagaimana cara mengisolasi yang baik dari asiaticosida,dan umus struktur dan rumus bangunnya bagaimana. terima kasih atas perhatiannya.tolong balas ke e-mail saya.

32. tian - August 10, 2008

konnichiwa…
saya ingintahu fungsi-fungsi dari masing-masing senyawa yang terkandung dalam pegagan. tolong ya infonya kirim ke e-mail saya. arigatougozaimasu

33. elly - August 22, 2008

khasiat pegagan telah saya rasakan sangat efektif untuk mengurangi kembung dan maag, bahkan sekarang maag saya ga kumat lagi dan tubuh lebih fit dan tidak mudah masuk angin . Pegagan yg saya gunakan adalah yang telah dikeringkan dan disangrai, ambil 1 sdk teh direbus sampai memdidih dan berwarna kecoklatan, saya minum setiap pagi sebelum makan. Pegagan tsb ga beli cukup nyari di pematang sawah.

34. meilita dwi paundrianagari - January 28, 2009

saya mitha mahasiswi Institut Teknologi Indonesia prodi teknologi pangan. saat ini saya sedang penelitian untuk tugas akhir tentang pegagan.saya mau tanya sebenanya cara mengkonsumsi peggaan yang bena itu bagaimana?diseduh atau langsung dimakan biasa?kndungan asiaticoside dalam pegagan itu berapa?dan sebenanya berapa kadar flavonoids yang dibutuhkaan oleh tubuh?saat ini saya sedng membubukkan daun pegagan yang nantinya akan difortifiksi ke dalam seelai nanas. tapi warna selaainya tdk menarik.apkah anda bs memberi saya saran aga warn selai tetap kuning tetapi kadar flavonoidsnya tinggi dan saatu lagi saya miinta diberitahu tentang masing-masing khasiat dari senyawa kimiaa ang dikandung dalam pegaagan.tolong dibalas di email saya saja.(paundrianagari@plasa.com)

35. diah anggraeni j - April 22, 2009

salam kenal, saya Diah dari LIPI…

yang ingin saya tanyakan, teknologi ekstraksi seperti apa yang sudah terstandar?

Terima kasih…

36. Ragil Erna Liya - November 1, 2009

senyawa gizi dalam pegagan apa ya??? saya mau buat mie sehat dari pegagan tapi saya bingung zat gizi apa yang hars saya tonjolkan??klo dari terpenoids, sepertinya susah karena harus menggunakan tikus percobaan. di jurusan saya tidak punya lab hewan percobaan. jadi apa yang sebaiknya saya tonjolkan??/berapa % kandungan serat dietary fiber dalam pegagan??bisa bantu saya….mhon jawaban dikirim ke ragilernaliya@yahoo.co.id

37. puzz - December 1, 2009

selain pegagan apakah ada tumbuhan lain yang khasiatnya sebanding dengan pegagan..?? terimakasih

38. elyn - June 1, 2010

sya membutuhkan analisa proksimat dari pegagan meliputi kadar air, kadar lemak, kadar serat kasar, kadar protein, abu mineral Ca dan P mohon kirim ke nazla_01@yahoo.co.id

39. amel - June 24, 2010

bisa ga buat nyembuhin keloid? thx

purnomo - August 6, 2010

slm kenal,sy marketing produk herbal,kebetulan membawa produk cream dr centella asiatica kombinasi dng pynus sylvestris.produk dr catalysis Spanyol.dng terapan teknologi molekuler activation,menghasilkan zat aktivnya lebih kuat 20-100X dibanding dng tanpa teknologi tsb..aplikasi 3 minggu hasilnya sangat memuaskan untuk mengurangi keloid & scars..thanks

40. agustina - July 11, 2010

apakah kandungan kimia pegagan kering dan pegagan segar berbeda? mana yang lebih bermanfaat, mengkonsumsi daun yang kering atau yang segar? tq

41. Jual Herbal Kolesterol - April 14, 2011

Assalamu’alaikum
Tulisan yang sangat bagus dan bermanfaat:)
http://www.jualherbalkolesterol.wordpress.com

42. automated trading system - May 4, 2011

Howdy! Someone in my Myspace group shared this site with us so I came to take a look. I’m definitely loving the information. I’m book-marking and will be tweeting this to my followers! Great blog and amazing design and style.

43. ulfa - June 28, 2011

bisakah saya dapat info kandungan pegagan beserta % nya???

44. Lillian - June 25, 2013

Hi my friend! I want to say that this article is amazing, nice written and include approximately
all vital infos. I’d like to peer more posts like this .

45. nejlepsi lekarze - June 25, 2013

It’s really a great and useful piece of info. I am happy that you shared this useful info with us. Please stay us informed like this. Thanks for sharing.

46. blog - July 2, 2013

I was suggested this blog by my cousin. I am not sure whether this
post is written by him as no one else know such detailed about my problem.
You are wonderful! Thanks!

47. CHINDRA HIDA - November 20, 2013

Ka bisa bantu saya ,, cz sya jga pX msalah jrwat nich.;(

sari - December 21, 2013

saya mahasiswa fk unand. mau pnelitian tntang pegagan. ada yang tau g’ dmna kta bisa beli pegagan yang penaman pegagannya sudah sesuai dg yg semstinua agar di jamin ada zat kandungannya.. klau tau email aj ke sarinelvita@yahoo.co.id. makasi


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: