jump to navigation

Stimuno, Si Penguat Sistem Imun March 11, 2006

Posted by rhamnosa in Info Obat.
trackback

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Istilah ini tampaknya cocok untuk memperkenalkan sistem imun tubuh atau dikenal juga sebagai sistem pertahanan tubuh.
Imunostimulan berperan membuat sistem imun lebih aktif dalam menjalankan fungsinya menguatkan sistem imun tubuh. Salah satu imunostimulan yang telah teruji klinis adalah STIMUNO yang telah memperoleh sertifikat FITOFARMAKA dari Badan POM karena terlah terstandarisasi dan telah lolos uji pre klinis (uji keamanan) dan uji klinis (pembuktian khasiatnya). STIMUNO terbuat dari ekstrak meniran (Phyllanthus niruri L).
Hasil dari riset pra-klinik menunjukkan ekstrak Phyllanthus niruri L dapat memodulasi sistem imun lewat proliferasi dan aktivasi limfosit T dan B, serta sekresi beberapa sitokin spesifik seperti interferon-gamma, tumor necrosis factor-alpha dan beberapa interleukin, aktivasi sistem komplemen, aktivasi sel fagositik seperti makrofag, dan monosit juga meningkatkan jumlah sel NK (Natural Killer Cell). Dari hasil uji dapat diduga bahwa extract tersebut dapat digunakan sebagai terapi ajuvan penyakit-penyakit infeksi akut dan kronis, seperti TBC, Hepatitis, ISPA, herpes zoster, dsb.
Imunomodulator ini diperlukan dalam kondisi kelelahan, kurang istirahat, stress, berpergian jauh, kontak dengan penderita infeksi atau berada di tempat yang diserang wabah.

Profil Produk:
Nama
STIMUNO
Generik
Ekstrak herba Phyllanthus niruri L
Indikasi
Immunomodulator, sebagai terapi tambahan untuk infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri seperti gondong, cacar air, herpes, virus hepatitis B, membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga kesehatan fungsi hati.
Perhatian
Kocok dahulu sebelum diminum.
Kemasan
Sirup 25 mg/5 mL x 100 mL.
Kapsul 50 mg x 6 x 10.
DOSIS
Dewasa : 3 kali sehari 1 kapsul.
Dapat diberikan sampai dengan 30 hari atau lebih
Dosis untuk anak-anak :

- 1-2 tahun : 3 x ½ sendok takar / hari
- 2-6 tahun : 3 x 1 sendok takar / hari
- 6-12 tahun : 3 x 1 ½ sendok takar / hari
- >12 tahun : 3 x 2 sendok takar / hari
Dapat diberikan sampai dengan 30 hari atau lebih. Note :
1 sendok takar = 5 ml sirup

( nana & gia )

Sumber : http://www.medicastore.com
http://www.dexa-medica.com

About these ads

Comments»

1. trendpick - April 18, 2006

Great. Rhamnosa is here now. Was joined with the team in those years when nobody would even read it. It was a photocopy sheets of some pages. LOL. Well not really photocopies, but looks like ones. LOLLL..
Keep up the great job there, mate !
I don’t know how to promote this link better, but have put it in my blog roll.

Rgrds,
Darma

2. V-3 - April 9, 2007

Hallo …..
Boleh saya tanya ? omong-omong mengenai Imun ( daya tahan tubuh ) saya punya pertanyaan.

Saya selalu sering kena sariawan mulut, dan itu katanya kalo sering karena daya tahan tubuh saya tidak kuat maka dari itu muncul lah bakteri yang menyerang mulut / rongga mulut saya.

Aduh apa yah obatnya saya sudah sering pake obat kumur dan oral base tapi tetap selalu ada sariawan itu di mulut saya.

Please give me solutions about this …..

Thank you.

3. larashati - June 8, 2007

KEBANYAKAN DOSA KALEEEE HE HE

4. siska - November 27, 2007

selamat sore bapak/ibu….
saya dari mahasiswa fikom unpad mau bertanya bagaimana
dexa medika mengkomunikasikan stimuno ,yang merupakan vitamin bagi anak-anak dengan bahan aktif baru berupa fitofarmaka?
bagaimana cara dexa medika untuk bisa merebut pasar vitamin bagi anak-anak ??
klo bisa balas ke email saya ya pak..
trimakasih sebelumnya

5. muhammad feni syamsul hadi - December 26, 2007

selamat sore bapak/ibu…….
saya punya keluhan nih kalau saya sedang batukdan flu saya merasa kelelahan dan tidak punya tenaga
Kenapa ya………….?

6. pepeng - December 26, 2007

asalamualaikum wr.wb
saya pepeng saya dari fakultas kesehatan di UM surabaya
keluhan saya kalau saya tidur pagi setelah saya bangun saya merasa pusing ini disebabkan oleh apa ya bapak/ibu
mohon dibalas di emai saya.
p32n9_model@yahoo.co.id
MOHON di balas ya bapak/ibu.

7. anggun - April 22, 2008

nama saya anggun,, saya pengen bertanya tentang imunologi!!!
tolong di balas y..
mengapa proses imun bisa naek turun?
bagaimana kejadian suatu penyakit alergi hingga terjadi keganasan ?
Sebut dan jelaskan kekebalan dapatan dan alamiah? mana yang lebih bagus..

8. nur w. - May 30, 2008

nama saya nur ,bagaimana sih gambaran singkat seseorang yg lemah pada sistem imunnya?dan bagaimana solusinya

9. rizki - May 31, 2008

itu sangat bagus unuk tubuh kita

10. otewguy - July 20, 2008

Kayaknya ada websitenya tuh, http://www.stimuno.com

11. xp - September 13, 2008

Gabung aja di http://stimuno.wordpress.com, kasih komenter sahabat-sahabat disana.
Great Comments, sahabat setuju banget.

12. Bahasan Stimuno di Wordpress « Sahabat Stimuno - September 13, 2008

[...] Rhamnosa [...]

13. mita - October 30, 2008

bapak saya mau tanya tentang sistem imunologi itu apa?

14. jabrik - December 27, 2008

saya ada keluhan…

kenapa kepala saya selalu pusing kalo ga punya duit ya?..
apa ada masalah dengan sistem imun saya?..

thanks

15. fihfye - January 7, 2009

met malam pak?ibu

saya punya klhn nich,,,
knp yach hampir setiap hr sy skt kepala??????????
apa yg terjd dgn sy??????????????

16. faisalado candra - January 10, 2009

saya candra mhasiswa unsoed,…… apa yang membuat orang yang alergi pada makanan tertentu seperti udang, setelah memakan makanan tersebut akan timbul bercak-bercak merah dan terasa gatal????
trima kasih,……..

17. ALYA - January 13, 2009

HIV VS IMUN KIRA2 ADA KABAR TERBARUNYA NE??????.

18. Mbam - February 25, 2009

Klo herpes bs sembuh engga yah klo kita minum stimuno ini ???

19. diana - March 10, 2010

sya diana slh stu siswi sma 8, mw tny nih..
menurut anda apa sih ilustrasi yg tepat untuk menggambarkan sistem imun..
tolong sgra dbls ia..
Makasih =D

20. anto - May 8, 2010

saya mau tanya untuk penderita HIV stimuno dikonsumsi apakah sama dosisnya 3 kali sehari dan apakah minumnya harus tepat jamnya kayak minum ARV,mohon dibalas terima kasih

21. yulie - February 14, 2011

kok ada yg bilang gini ya???
http://www.parenting.co.id/forum/forum_detail.asp?catid=&id=38&topicid=6327

haii mommies…

ada yang anaknya pernah dikasi stimuno gak?? aku lg bingung nih, kmrn habis diceritain sama dokter ttg stimuno..katanya, mengandung meniran yg gak blh dipake lama karna bisa merusak ginjal & tlihat dr anak jd srg kencing…Pdhal dah hmpr stgh tahun aku kasi obat itu sama anakku, Fredo (5 th) & stlh kuperhatiin dia mmg lbh srg kencing dari biasanya…karna cemas, kmrn aku cb search meniran, eh yg ketemu mlh buat tmbh khawatir…gmn ini, aku jd takut, mhn sharingnya momss..thx sbelumnya…

nih artikel yg aku dpt :

Meniran : Terlarang bagi ibu hamil

Meniran merupakan salah satu jenis tumbuhan yang sering digunakan oleh masyarakat untuk obat. Menurut Heyne (1987) tumbuhan ini di daerah Jawa disebut “meniran” lantaran bentuk buahnya seperti menir (butiran beras). Tumbuhan ini merupakan terna semusim, tumbuh liar di hutan, di ladang, semak-semak, sepanjang jalan, pinggir sungai, pinggir pantai, tanah berumput, gembur atau berbatuan pada dataran rendah sampai pada ketinggian 1.000 dpl.

Meniran dilaporkan mengandung senyawa-senyawa kimia golongan lignan antara lain, filantin, hipofilantin, niranin, nirtetralin dan fitetralin. Beberapa senyawa lignan baru juga telah diisolasi dari Phyllanthus niruri yaitu, seco-4- hidroksilintetralin, seco-isoarisiresinol trimetil eter, hidroksinirantin, dibenzilbutirolakton, nirfilin, neolignan (filnirurin). Akar dan daun Phyllanthus niruri mengandung suatu senyawa pahit dan beracun yang digunakan sebagai racun ikan.Senyawa tersebut diduga merupakan suatu alkaloida. Setelah diidentifikasi ternyata senyawa alkaloida tersebut merupakan senyawa alkaloida baru yaitu, 4-metoksi-norsekurinin dan ent-norsekurinin. Dilaporkan, akar dan daun Phyllanthus niruri kaya senyawa flavonoid, antara lain, quercetin, qeurcetrin, isoquercetrin, astragalin dan rutin (Nara, 1977). Di samping itu, dilaporkan pula beberapa glikosida flavonoid dan senyawa flavonon baru. Dari minyak bijinya telah diidentifikasi beberapa asam lamak yaitu, asam ricinoleat, asam linoleat, dan asam linolenat. Disamping itu juga mengadung saponin, kalium, damar dan zat samak. Karena meniran mempunyai kandungan utama senyawa golongan flavonoid dan glikosida flavonoid, beberapa senyawa flavonoid tersebut memberikan efek menghambat terhadap kerja enzim ksantin oksidase dan superoksidase.

Untuk memanfaatkan meniran dalam pengobatan atau mengurangi kelebihan asam urat dan batu ginjal diperlukan meniran (daun, tangkai, akar) sebanyak (2,50 gr), jahe merah (25,00 gr), cengkeh (0,25 gr), kulit manis (0,25 gr), pengawet Na.Benzoat (0,50 gr), dan gula merah secukupnya. Cara pembuatan dan aturan pakai sama dengan pembuatan obat dari tempuyung.

Namun obat kelebihan asam urat berbahan meniran ini terlarang bagi penderita kegagalan fungsi ginjal yang akut. Juga terlarang, pemakaian obat ini untuk jangka lama, karena dapat mengakibatkan kerusakan ginjal dan impotensia. Wanita hamil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi obat ini karena meniran dapat menggugurkan kandungan (aborfacieni). Dalam proses pengobatan atau pencegahan kelebihan asam urat yang menggunakan tempuyung atau meniran, pemeran utamanya adalah senyawa-senyawa glikosida flavonoid dan flavonoid bebas yang terdapat di dalam kedua bahan tumbuhan tersebut.

Sedangkan bahan-bahan yang lainnya mengandung minyak atsiri seperti, jahe, cengkeh dan kulit manis. Selain berfungsi sebagai pewangi dan penyedap rasa, senyawa itu juga berfungsi sebagai pelindung hati (hepaprotektor) dari bahan-bahan toksin yang dapat menimbulkan kerusakan pada hati.

Sumber: INTISARI, 2003
Oleh: Dr. Chairul, Apt. Msc
(peneliti fitokimia dan tumbuhan obat asli Indonesia di Puslitbang Biologi, LIPI, Bogor).

22. desi wijayanti - June 2, 2013

Anak saya mudah sakit,apakah stimuno aman di pakai untuk anak 1th,jika pemakaian’a terus2an.
Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: